Launching Posbindu di SMKN 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo

26 Januari 2016

ditampilkan : 1320 kali

Menindaklanjuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Petugas dalam Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Khusus Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh UPT Latkesmas Murnajati Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur tanggal 3 s.d. 6 Juni 2015 yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan Guru UKS SMKN 3 Buduran, maka disepakati untuk dibentuk posbindu khusus di SMKN 3 Sidoarjo.

Pelatihan kader posbindu dilakukan dengan sasaran guru & pegawai serta perwakilan masing-masing kelas. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sosialisasi kepada seluruh masyarakat SMKN 3 Sidoarjo karena akan dilaksanakan rutin di sana. Sekolah yang merupakan sekolah dengan lingkungan sehat ini sangat mendukung program pencegahan penyakit tidak menular ini sejak dini. Kegiatan ini diawali sejak akhir bulan Oktober 2015.

Bukanlah hal yang mudah membentuk posbindu di sekolah untuk yang pertama kalinya. Namun hal ini tak dirasakan karena semua pihak di sekolah saling membantu. Bahkan telah disediakan tempat khusus untuk kegiatan posbindu. Selain itu, bimbingan dan pendampingan dari Puskesmas Buduran juga sangat luar biasa optimal. Sekolah telah menyediakan 1 paket alat Posbindu kit untuk pelaksanaan kegiatan ini. Selain itu, SMKN 3 Buduran juga telah menerima bantuan Posbindu kit dari Dinkes Provinsi Jawa Timur yang telah diserahkan langsung oleh Kasi Pencegahan Penyakit & SE Dinkes Kab. Sidoarjo dan Kepala Puskesmas Buduran.

Kegiatan posbindu akan diintegrasikan dengan kegiatan UKS. Sedangkan kegiatan posbindu khusus pegawai akan dilaksanakan rutin setiap bulannya. Begitu antusiasnya kader posbindu SMKN 3 Buduran hingga secara mandiri agar  mudah berkoordinasi kader pun membentuk grup whatsapp. Para kader pun telah mandiri melaksanakan kegiatan Posbindu.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pelatihan Pelaporan PTM melalui Portal Web.
    Oleh : Jawa Timur

    Diikuti oleh pemegang program PTM dan Bidan Koordinator Puskesmas se Wilayah Kabupaten Kediri

    Selengkapnya
  • Pelatihan PANDU PTM angkatan I Tahun 2017 Provinsi NTB
    Oleh : Nusa Tenggara Barat

    Pelatihan PANDU PTM angkatan I Tahun 2017 di Provinsi NTB berlangsung selama 6 Hari di Hotel Grand Legi Mataram NTB

    Selengkapnya
  • Peningkatan Kapasitas Petugas PTM Kegiatan Posbindu Tahun 2017 Provinsi NTB
    Oleh : Nusa Tenggara Barat

    Peningkatan Kapasitas Petugas PTM Kegiatan Posbindu tahun 2017 Provinsi NTB dilaksanakan selama 5 Hari. Mulai tanggal 15 Mei - 19 Mei 2017 di Hotel Lombok Plaza Mataram.

    Selengkapnya
  • Pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim dengan Metode IVA angkatan II Tahun 2017 Provinsi NTB
    Oleh : Nusa Tenggara Barat

    Pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim

    Selengkapnya
  • Reward Berhenti Merokok pada HKN ke-53 Kota Solok Sumatera Barat
    Oleh : Sumatera Barat

    Giat Puskesmas Nan Balimo Kota Solok, sebagai puskesmas dengan icon menekan angka kesakitan dan kematian FRPTM khusus untuk kebiasaan merokok pada masyarakat

    Selengkapnya